Pengecekan dan Pemeliharaan Gembok, Pengamanan Rutan Masohi lakukan ini

    Pengecekan dan Pemeliharaan Gembok, Pengamanan Rutan Masohi lakukan ini
    Pemeliharaan Kunci Gembok

    Jajaran Satuan Pengamanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Masohi lakukan pengecekan, pemeliharaan dan perawatan kunci gembok kamar hunian, Senin (23/10). Kepala Satuan Pengamanan Rutan (KPR), Arifin Arif menjelaskan bahwa kegiatan pengecekan, pemeliharaan dan perawatan dilakukan dalam rangka memastikan kunci yang digunakan untuk menggembok kamar hunian aman sehingga penggunaannya efektif, tidak macet.

    “Kami harus memastikan dengan benar kondisi kunci gembok, apabila ditemukan ada gembok yang macet bisa dicuci kembali dan diberikan pelumas pada setiap lubangnya sehingga tidak lagi mengalami kemacetan, ” ucap KPR.

    Menurutnya pengecekan kunci gembok bermaksud untuk mengantisipasi adanya kerusakan disetiap kunci gembok, karena sangat berpengaruh pada gangguan keamanan dan ketertiban didalam Rutan. “Perawatan kunci gembok kami lakukan setiap 2 (dua) minggu sekali. Kegiatan ini rutin kami lakukan, karena hal ini merupakan Upaya pencegahan dini gangguan keamanan dan ketertiban. Waspada jangan jangan, merupakan moto utama Rutan yang tidak hanya mencakup kesigapan petugas yang jeli dalam melaksanakan tugas pengamanan, namun juga perlu mencakup semua lini, termasuk didalamnya pengecekan dan pemeliharaan kunci gembok, ” ungkapnya.

    Senada disampaikan Kepala Rutan Masohi (Yusuf Mukharom) mengharapkan petugas yang melakukan pengecekan dan pemeliharaan kunci gembok harus diperiksa  sedetail mungkin untuk melihat layak tidaknya gembok tersebut. “Pastikan dengan benar Gembok dan anak kunci layak atau tidak, kalau ditemukan gembok yang berkarat, berikan pelumas supaya karatnya bisa lepas. Atau bila perlu saat tidak ada karatanpun diberikan pelumas biar tidak berkarat, ” pesan Karutan.

    Kegiatan ini juga sebagai salah satu strategi keamanan untuk mencegah terjadinya gangguan KAMTIB sebagaimana  merupakan komitmen Bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang dituangkan dalam tiga kunci Pemasyarakatan Maju yaitu Deteksi Dini, Gangguan Kamtib, berantas naroba dan sinergi dengan aparat penegak hukum.

    Sebagai seorang pimpinan, beliau menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran Pengamanan Rutan yang sudah melakukan pemeliharaan sarana keamanan melalui upaya-upaya pemeriksaan, pengaturan, pengujian, pelumasan, perawatan, pencatatan dan pelaporan.

    kemenkumham ri kakanwil kemenkumham maluku kadipasmaluku rutan masohi yusuf mukharom
    FARID MUHAMAD RIFKI

    FARID MUHAMAD RIFKI

    Artikel Sebelumnya

    Rutan Masohi Peringati Maulid Nabi Muhammad...

    Artikel Berikutnya

    Klinik Pratama Sikaturam Rutan Masohi siap...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali
    Dandim 1715/Yahukimo Kunjungi Koramil 1715-03/Kurima Untuk Mengecek Perencanaan dan Persiapan Renovasi Kantor Koramil Kurima
    DPR Apresiasi Jenderal Sigit Atas Penghargaan Bagi Satrio 
    Kearifan Masyarakat Bali Sejalan dengan Semangat World Water Forum ke-10

    Ikuti Kami